Tugas UAS Web Fundamental : Buku Tamu

Buku Tamu

Web Programming Fundamental + Praktikum

Oleh :

Handri Kurnianto

NIM

1111100822

Dosen

Retno Ires Devina Yolanti, S.St

Dalam pembahasan tugas ini pertama-tama saya akan mengolah data buku tamu yaitu nama, email dan komentar.

Langkah pertama saya  membuat database di MySql dengan menjalankan localhost/phpmyadmin di web browser setelah itu saya membuat database dengan nama “bukutamu” dan disini saya membuat tabel dengan nama “bukutamu” dengan mengisi field-fieldnya sebagai berikut :

db_tabel_bukutamu

pada tabel diatas yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat primary key untuk fieldnya

kita membuat primary key pada field “email” yang nantinya apabila ada orang/member yang mengisi kolom “email” tidak bisa memasukkan “email” yang sama karena email tersebut sudah dibuat unik, dan nanti apabila kita mau menghapus data dengan menggunakan field “email” tersebut.

Berikut adalah Coding HTML dan PHP yang kita buat di Notepad++ :

HTML, dengan nama file : bukutamu.html

bukutamu_html

PHP, dengan nama file : bukutamu.php

bukutamu_php

PHP, dengan nama file : tabel_bukutamu.php

tabel_bukutamu_php

PHP, dengan nama file : hapus_bukutamu.php

hapus_bukutamu_php

 

Tampilannya :

bukutamu.html

tampil_bukutamu_html

bukutamu.php

tampil_bukutamu_php

tabel_bukutamu.php

tampil_tabel_bukutamu_php

Nama-nama dan email diatas adalah fiktif jadi kalau ada kesamaan nama atau email mohon dimaafkan

Tugas tersebut saya dapatkan dari beberapa sumber di internet dan materi yang diajarkan oleh dosen kepada saya, Semoga tugas tersebut berguna bagi saya dan teman-teman yang membaca blog saya.

Salam Sukses buat kita semua

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

