Makalah tentang ORKOM

Makalah ORKOM(Organisasi Komputer)

 

 

Disusun oleh :

Handri Kurnianto

1111100822

Blog : hendrixstikombwi.wordpress.com

S1 Teknik Informatika

STIKOM Banyuwangi 2011

Abstrak

ORKOM, Organisasi Komputer merupakan ilmu yang mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sistem komputer.

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada rancangan prosesor modern dengan beberapa tingkat pipeline, upaya untukmengisi penuh seluruh pipeline dengan instruksi dan data perlu dilakukan agar operasisistem komputer secara keseluruhan efisien.Perbedaan kecepatan operasi antara prosesor dan memori utama bisa menjadi kendalabagi dicapainya efisiensi kerja sistem komputer. Bila prosesor bekerja jauh lebih cepatdaripada memori utama maka setiap kali prosesor mengambil instruksi atau data,diperlukan waktu tunggu yang cukup lama. Waktu tunggu tersebut akan lebih berarti biladigunakan untuk memproses data.Kendala ini menyebabkan diperlukannya cache, yakni memori berkapasitas kecil tetapiberkecepatan tinggi, yang dipasang di antara prosesor dan memori utama. Instruksi dandata yang sering diakses oleh prosesor ditempatkan dalam cache sehingga dapat lebihcepat diakses oleh prosesor. Hanya bila data atau instruksi yang diperlukan tidaktersedia dalam cache barulah prosesor mencarinya dalam memori utama.Cache umumnya menggunakan memori 4tatic yang mahal harganya, sedangkanmemori utama menggunakan memori dinamik yang jauh lebih murah. Sistem komputer akan bekerja sangat cepat apabila seluruh sistem memori utamanya menggunakanmemori 4tatic, tetapi akibatnya harga sistem komputer akan menjadi sangat mahal.Selain itu, karena hamburan panas pada memori 4tatic lebih besar, sistem komputer yang menggunakan memori statik ini akan menghasilkan panas yang berlebihan
BAB II
PEMBAHASAN
II. 1.CACHE MEMORY
II. 1. 1.Hirarki Sistem Memori Hierarki memori memang disusun sedemikian rupa agar semakin ke bawah, memoridapat mengalami hal-hal berikut:
•Peningkatan waktu akses (access time) memori (semakin ke bawahsemakin lambat, semakin ke atas semakin cepat)
•Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin keatas semakin kecil)
•Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh,semakin keatas semakin dekat)
•Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin semakinmurah, semakin ke atas semakin mahal)
3.Memori utama : memiliki akses yang jauh lebih lambat dibandingkan denganmemori cache, dengan waktu akses hingga beberapa ratus siklus CPU, tapiukurannya mencapai satuan gigabyte. Waktu akses pun kadang-kadang tidakseragam, khususnya dalam kasus mesin-mesin Non-Uniform Memory Access(NUMA).
4.Cache cakram magnetis : yang sebenarnya merupakan memori yang digunakandalam memori utama untuk membantu kerja cakram magnetis.
5.Cakram magnetis
6.Tape magnetis
7.Cakram OptikBagian dari sistem operasi yang mengatur hirarki memori disebut dengan memorymanager.Di era multiprogramming ini, memory manager digunakan untuk mencegahsatu proses dari penulisan dan pembacaan oleh proses lain yang dilokasikan di primarymemory, mengatur swapping antara memori utama dan disk ketika memori utamaterlalu kecil untuk memegang semua proses.
Tujuan dari manajemen ini adalah untuk:
1. Meningkatkan utilitas CPU.
2. Data dan instruksi dapat diakses dengan cepat oleh CPU.
3. Efisiensi dalam pemakaian memori yang terbatas.
4. Transfer dari/ke memori utama ke/dari CPU dapat lebih efisien.
II. 1. 2.Pengertian Cache Memory
Cache beasal dari kata cash
Dari istilah tersebut cache adalah tempatmenyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebutcache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untukmeningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cachetersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama makamaka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.
Cache memori ini adalah memoritipe SDRAM
yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangattinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antararegister dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacupada memori utama.
II. 1. 3.Level Cache Memory
Cache memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori level 1 (L1) adalahcache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memilikikecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembangmulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memilikikecepatan yang lebih rendah dari cache L1. Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki olehprosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinyaadalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing intiprosesor.
II. 1. 4.Cara Kerja Cache Memori
Jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama ia akan mencarinya pada cache.Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangatkecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAMyang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, cache dapat menyediakan data yangdibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi.Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebihefisien. Selain itu kapasitas memori cache yang semakin besar juga akan meningkatkankecepatan kerja komputer secara keseluruhan.Dua jenis
cache
yang sering digunakan dalam dunia komputer adalah
memory caching
dan
disk caching
. Implementasinya dapat berupa sebuah bagian khusus darimemori utama komputer atau sebuah media penyimpanan data khusus yangberkecepatan tinggi.Implementasi
memory caching
sering disebut sebagai
memory cache
dan tersusun darimemori komputer jenis SDRAM yang berkecepatan tinggi. Sedangkanimplementasi
disk caching
menggunakan sebagian dari memori komputer.
BAB III
DAFTAR PUSTAKA

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Hirarki Memori | Tecniche

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: