Makalah Etika Profesi (Sebagai Web Designer)

Makalah Etika Profesi (Sebagai Web Designer)

 

 

Disusun oleh :

Handri Kurnianto

1111100822

Blog : hendrixstikombwi.wordpress.com

S1 Teknik Informatika

STIKOM Banyuwangi 2011

Abstrak

World Wide Web (ada yang mengindonesiakannya menjadi Jejaring Jagad Jembar, JJJ) memang media informasi yang bebas dari batasan geografis dan waktu. Sifatnya yang dinamis dan kadang interaktif membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan media informasi lain. Pesatnya pertumbuhan media informasi maya ini tentu membutuhkan sumber daya manusia yang khusus menangani bagaimana informasi itu dikemas. Tentu dengan catatan tambahan, bisa menarik orang untuk (setidaknya) melihatnya. Syukur, jika kemudian tertarik membacanya.

Ada banyak profesi terlibat dalam membentuk konsep yang enak dipandang dan perlu dibaca itu. Jika Anda perhatikan lowongan kerja di media cetak akhir-akhir ini, banyak dibutuhkan profesi yang berembelkan web. Ada web designer, web programmer, web administrator, web master, maupun web developer. Jika tidak paham dengan dunia Internet, profesi tadi tentu menimbulkan tanda tanya. Juga kebingungan.

Dari beberapa kategori tadi, Web Design dibagi menjadi tiga, web designer, web aplication developer, dan web administrator. Saya tidak mengkategorikan istilah web master sebagai profesi. Menurut pemahaman saya, web master adalah predikat atau julukan buat orang yang sangat profesional mengenai semua yang berhubungan dengan web.

Web designer bertugas mendesain halaman web (web page). Dia terlibat langsung untuk menggarap, mengeksplorasi, dan mengimplementasikan tata letak dan artistik halaman web serta aspek komunikasi dari keduanya. Selain itu, ia berperan dalam memperhitungkan beberapa sisi teknis. Contohnya adalah kompatibilitas browser (peranti lunak untuk menjelajahi Internet) atas desain itu dan kecepatan downloading halaman tersebut. Si perancang berkontribusi untuk turut memberi pilihan background, jenis huruf, gambar dan ukuran file, misalnya.

Sementara profesi web application developer bertugas mengembangkan aplikasi-aplikasi komputer berbasis web. Misalnya, si web developer-lah yang membuat aplikasi chat (ruang mengobrol di Internet), forum, content management, kalkulator, dsb.

Sedangkan profesi terakhir adalah web administrator, bertugas mengadministrasikan situs web. Dia bertanggung jawab men-set-up situs web, mengatur atau menata berbagai hal yang berkaitan dengan web server. Dia juga bertanggung jawab mengelola semua informasi mengenai sebuah situs web dengan menganalisis log file-nya sehingga akan didapat data seberapa banyak orang mengakses sebuah situs web, dan sebagainya.

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Meski Internet sudah lahir cukup lama, di Indonesia profesi tadi baru muncul belakangan. Pendidikan formal pun belum menjangkaunya. Kalaupun ada, ya masih ditebengkan pada jurusan yang berbau-bau teknologi informasi. Gerak pendidikan formal memang agak lambat. Berbeda dengan pendidikan nonformal yang jeli menangkap peluang.

Namun, bekal untuk terjun ke rimba profesi web bisa dibikin sendiri. Tentu untuk itu perlu disiplin tinggi dan melalui trial and error yang panjang. Yayan memberi sedikit pengetahuan tentang bekal yang harus disiapkan untuk profesi-profesi itu.

Seorang web designer, sesuai namanya, sangat dituntut untuk mempunyai cita rasa artistik yang bagus. Lebih dari sekadar pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah grafik.  Seperti perancang di bidang lain, web designer juga harus paham aspek komunikasi dari sebuah desain. Diharapkan, hasil desainnya bisa user friendly dan tepat sasaran.

1.2 Tujuan

1.2.1    Memberitahukan kepada mahasiswa Sistem Komputer bahwa pekerjaan sebagai Web Designer adalah pekerjaan yang lumayan rumit namun menyenangkan.

1.2.2    Memberikan pengetahuan mendalam tentang apa – apa saja yang akan kita dapatkan apabila kita menjadi Web Designer.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Apa itu web design?

Web design adalah desain halaman web, situs web dan aplikasi. itu adalah halaman web lengkap pembelanjaan yang dapat dilihat oleh penampil ini adalah media yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka dan badan-badan korporat untuk pasar beberapa produk ke pelanggan. itu hanya seperti seni rupa, seni kreatif desainer.

Situs web adalah kumpulan dari jumlah halaman web, sangat perlu adanya link langsung antara setiap dokumen dimuat pada situs web sehingga pemirsa dapat memiliki akses ke semua halaman. dalam kata lain, kita dapat berkata situs web adalah gambar yang lebih besar dari halaman web.

Tugas web desainer adalah untuk menggabungkan grafis, tekstual dan elemen lainnya dari sebuah situs untuk membuat tata letak yang menarik. mereka pameran mereka untuk kreativitas. mereka suka dipancing-pancing dengan desain situs web baru ide dan desain. web design adalah proses oleh desainer web yang membuat pengunjung dapat mengakses halaman web pada satu

platform dengan beberapa gambar, teks, link, dll grafis

2.2 Web design keterampilan atau dokumentasi

web design adalah karir yang profesional hanya menjual tinggi kreatif web design keterampilan. Anda kualitas desain dan program keterampilan menentukan apakah anda benar-benar profesional web desainer. web design adalah keterampilan yang tidak dapat belajar bermalam. Anda desain dan format harus diatur dengan baik dan terawat dengan baik. konten utama adalah integrients diperlukan dalam setiap situs web yang harus ditulis dengan baik dan mudah dimengerti. web desainer juga harus membuat koheren dan konsisten yaitu tampilan dan nuansa untuk seluruh web. situs grafis dan gambar harus sesuai dengan tema situs web. simetri antara pixel dan link harus tak terputus-putus. kombinasi warna adalah faktor lain yang memiliki web desainer untuk diingat. Anda harus situs tersebut yang menarik pengunjung dengan semua informasi yang relevan. untuk menjadi profesional terampil, kualitas ini perlu maju dan bekerja selama periode 2-3 tahun. menjadi sukses web desainer Anda tidak hanya perlu kerja keras dan ketekunan tetapi juga melalui kombinasi kreativitas dan

gagasan baru yang dapat naik banding ke massa.

2.3 Tata letak situs web

Untuk memulai pekerjaannya, setiap web desainer harus memahami dengan kebutuhan klien. dia harus memulai pekerjaannya dengan mengingat bahwa persyaratan tersebut. berat animasi dan gambar sering menetapkan beban berat pada situs. website tersebut memakan banyak waktu memuat dan paling cepat kehilangan minat orang di website tersebut. Persaingan tersebut hanya beberapa klik, dan jika klien menjadi puas, mereka dapat dengan mudah pergi tempat lain.

Desainer seni menjadi lebih dan lebih disempurnakan melalui selat waktu. itu kreativitas dan kualitas dari halaman web meningkatkan setiap hari dengan kerja keras dan adaptasi dari keterampilan baru. web desainer’s Tujuannya adalah untuk membantu Anda efektif dan desain aesthetically menyenangkan halaman web sementara mengingat bahwa apa yang dia ingin klien untuk menceritakan. desainer yang baik tahu bagaimana untuk mencapai efek yang disebut di paling

fleksibel, efisien, dan cara elegan.

2.4 Lingkup web design

Sebagai semakin banyak situs yang dikembangkan di setiap bidang sehingga permintaan dan lingkup profesional web designer bertambah. teknologi baru hariannya yang keluar, sehingga web desainer telah berdiri dengan mereka untuk memberikan pekerjaan terbaik. terdapat beberapa pekerjaan desain web yang tersedia online, orang menawarkan kesempatan untuk berekspresi baik bakat dan kreativitas mereka ke seluruh dunia.

Karir desain web untuk bisnis kecil terus menjadi pasar yang menguntungkan, hasil ini banyak media untuk mendirikan perusahaan yang dalam pembuatan ‘website untuk perusahaan’. internet akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang, sebagai hasil yang lebih permintaan web desainer akan terjadi. seorang desainer yang dapat memberikan terbaru sebagai per permintaan pasar seperti desain untuk situs e-commerce, sistem manajemen konten, dioptimalkan flash header kasar akan memiliki masa depan yang cerah.

Ribuan pelanggan potensial mengunjungi situs dalam hitungan hari, menyediakan produk dan layanan Anda dengan visibilitas yang tinggi. merancang untuk layar komputer memiliki kumpulan masalah. menambahkan ini yang elastis sifat halaman web, yang telah bekerja di berbagai platform komputer dan ukuran layar dan browser, dan mendapatkan masalah yang lebih buruk lagi. itu perancangnya pekerjaan untuk memahami masalah ini dan ke alamat mereka – untuk memelihara

beberapa jenis kontrol ketika semuanya lain adalah pergeseran.
pada akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa merancang web sebagai profesi memiliki cakupan yang luas pada masa yang akan datang kali jika orang yang memiliki kreativitas di dalam dia bersama dengan pengetahuan terkini dari keterampilan dan kemampuan untuk mengadopsi baru untuk mengubah dunia merancang situs web.

Berikut adalah spesifikasi rinci tentang profesi sebagai Web Designer

Web Designer

Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dsb. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :

- HTML, DHTML
- Pengolah Gambar
- Animasi, Movie (Film)
Gaji yang bisa didapat : Rp. 1.500.000 – Rp. 4.000.000


BAB III

KESIMPULAN

Sebuah website bukan di buat hanya seorang web designer (istilah web designer menjadi rancu sekarang ini). Minimal membutuhkan 2 peran, interface designer dan front / back end developer. Jadi, kalau kamu mempunyai basic sebagai print designer, saya harap kamu mau meluangkan waktu mengenal dan mempelajari desain website (setidaknya kamu bisa menjadi interface designer).

Percayalah ini merupakan masa depan dunia dan website baru permulaan saja. Nantinya tidak menutup kemungkinan kita akan menggunakan platform yang berbeda (aplikasi misalnya), tetapi dasar nya akan tetap sama, keempat peran ini tidak akan terpisahkan.

 

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

http://majidnst.wordpress.com/2007/11/05/profesi-sebagai-web/

http://www.gotocld.com/id/web-design-sebagai-profesi-MTY3NjYx.html

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7700611&page=2

http://www.adisumaryadi.net/artikel/detail/web-desain-and-development/102/mengenal-profesi-dalam-dunia-website.html

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: